Cantik

5 Bumbu Dapur Pengobat Luka Bakar

LUKA BAKAR adalah luka atau cedera pada kulit tubuh yang disebabkan oleh benda panas, sengatan listrik, terkena radiasi kimia, atau percikan api. Indikasi luka bakar biasanya kulit seperti melepuh, permukaannya membengkak, dan disertai nanah.

Ada beberapa tahap luka bakar tergantung dari cedera yang dialami.

  • Luka tingkat I yakni luka yang hanya mempengaruhi kulit tubuh bagian terluar.
  • Luka tingkat II, jikalau cedera menembus pada lapisan kulit yang lebih dalam.
  • Luka tingkat III ketika luka bakar terkena pada semua lapisan kulit.
  • Luka tingkat IV jika luka mencederai sampai ke jaringan tubuh yang lebih dalam, misalnya otot dan tulang.

Untuk luka tingkat I dan II mungkin bisa diobati sendiri, namun untuk tingkat yang lebih parah tentunya butuh penanganan dari dokter. Dan jika Anda mengalami luka bakar tingkat rendah, ternyata beberapa bahan alami yang biasanya ada di dapur, sanggup mengobati luka bakar.

Luka Bakar

Mentimun

Buah yang punya bahasa latin Cucumis Sativus itu tidak hanya mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Karenanya banyak produk perawatan kulit yang menggunakan sari mentimun. Termasuk juga untuk mengobati luka bakar. Caranya ambil 2-3 buah mentimun, cuci bersih, kemudian potong, lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam hingga sari mentimum menyerap ke kulit dan luka mengering.

Luka Bakar

Lidah Buaya

Dikenal juga dengan nama Aloe Vera, lidah buaya banyak sekali manfaatnya, salah satunya dapat mengobati luka karena terbakar dengan cepat karena gel lidah buaya mampu menyerap rasa panas dan membantu mempercepat pemulihan jaringan pada kulit. Caranya ambil lidah buaya dari tangkainya supaya masih segar dan banyak kandungan gel, lalu patahkan lidah buaya tersebut dan teteskan gel yang terdapat pada bagian dalam batang tanaman tersebut ke bagian kulit yang terkena luka. Lakukan rutin sampai lukanya mengering.

Luka Bakar

Teh Hijau

Para ahli kesehatan menyimpulkan daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E. Selain dikonsumsi sebagai minuman, daun teh hijau dapat juga dijadikan toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

Luka Bakar

Madu

Selain untuk perawatan kecantikan ternyata madu dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka karena mengandung antiseptik. Caranya siapkan madu asli, bukan madu dari toko yang sudah di campur gula serta bahan pengawet, lalu cukup mengoleskan ke permukaan kulit yang terluka, diamkan 20-30 menit sampai nutrisi dari madunya meresap ke dalam kulit. Jika sudah bilas dengan air hangat, ulang pemakaian sampai luka benar-benar kering.

Luka Bakar

Susu

Susu adalah penyempurna makanan sehat, namun ternyata selain baik buat kesehatan dan stamina tubuh, susu bisa juga mengobati luka bakar. Susu yang bisa digunakan untuk mengobati luka ini adalah susu bebas lemak seperti susu skim. Caranya, bersihkan dulu luka tersebut menggunakan alkohol lalu siram susu ke permukaan kulit yang terbakar, diamkan beberapa saat, supaya nutrisinya menyerap ke dalam kulit.

COMMENTS