Hiburan

7 Fakta Menarik Dibalik Film Harry Potter

Buat para pecinta film pasti tidak asing lagi kan dengan film yang satu ini. Film yang sangat menarik dengan mengisahkan dunia sihirnya boleh berakhir. Tapi fenomena yang terjadi dibelakang pembuatannya masih terus membuat kita bertanya-tanya dimana dan berapa banyak panggung set yang sudah dibuat untuk menghasilkan cerita ini hidup, atau terbuat dari apakah sapu terbang di film ini. Penasaran ada apa aja dibalik proses pembuatan film Harry Potter? Yuk kita intip fakta menarik dari film Harry Potter.

Tongkat Sihir


Semua tongkat sihir yang di pakai di film Harry Potter ternyata dibuat di tempat lho! Termasuk tongkat milik Daniel Radcliffe. Bahkan tongkat sihir yang dimiliki Radcliffe jumlahnya mencapai 60-70 buah. Dan tidak ada satupun tongkat di film Harry Potter yang memiliki bentuk sama. Meski Harry Potter memakai beberapa tongkat yang berbeda, sebagian besar dari tongkat tersebut dibuat secara konsisten sama seperti yang ada di buku dengan panjang sekitar 33-38 cm. Tongkat milik Dumbledore yang memiliki desain rumit juga tetap sama.

Adegan di Aula Sekolah Hogwarts


Para pemain film Harry Potter telah menggunakan lebih dari 600 seragam sekolah dalam proses pembuatannya. Adegan pertempuran dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows menjadi adegan dengan jumlah terbesar pembuatan seragam untuk pemain dan pemain pembantu. Masih ingat kan, saat final ada 400 orang Death Eaters dan Snatchers bergabung dengan 400 orang guru dan murid Hogwarts berkumpul di Aula Hoghwarts yang super luas.

Ratusan Ribu Koin


Koin yang digunakan dalam adegan Bank Gringotts di dua film terakhir Harry Potter jumlahnya mencapai 210.000 koin. Artefak liontin Salazar Slytherin juga dibuat dalam jumlah banyak. Sebanyak 40 replika liontin dibuat untuk adegan ketika Harry dan Ron berusaha untuk menghancurkannya.

Tanda Kilat di Wajah Harry Potter


Tanda kilat di wajah Harry Potter di buat oleh tim makeup sebanyak kurang lebih 5.800 kali! Dan 2000 diantaranya diaplikasikan langsung di wajah Radcliffe. Sedangkan sisanya diaplikasikan di wajah para pemain penggantinya. Kacamata bulat khas Harry Potter juga telah diganti sebanyak 160 kali. Kacamata ini merupakan salah satu properti favorit Daniel Radcliffe.

Kostum Dalam Film Harry Potter


Mau tau banyaknya kostum yang dibutuhkan untuk keperluan syuting film Harry Potter? Jangan kaget ya. Kostum yang digunakan dalam pembuatan film ini mencapai lebih dari 25,000 busana. Wuih!

Ada 200 Makhluk Aneh dan Ajaib


Sebanyak 200 makhluk aneh dan ajaib diciptakan untuk mendukung seri film Harry Potter. Selain Naga Gringotts ada juga Aragog seekor Acromantula atau laba-laba raksasa yang muncul pada seri kedua Harry Potter and The Chamber of Secret. Total sebanyak 250 hewan non-robot atau hewan hidup yang telah digunakan dalam film. Yang terbesar adalah seekor kudanil dan yang terkecil adalah kelabang.

Rumah Kerang


Rumah Bill dan Fleur, tempat dimana Harry, Ron dan Hermione berlindung di film terakhir ini 90 persen dikerjakan di Leavesden Studio dan kemudian dipindahkan ke Fresh Water West di Wales. Lokasi itu menjadi lokasi paling sering difoto oleh penggemar. Sebanyak 4.500 keping kerang raksasa dibutuhkan untuk atap pondok. Bahkan ratusan helai rumput ditanam secara manual ke dalam pasir di bukit sekitarnya. Settingan rumput ini tahan angin pantai berkat 10,9 ton air yang digunakan sebagai beban untuk menahannya.

Dengan property yang menelan biaya cukup fantastis ini, tidak mengherankan jika film Harry Potter menjadi salah satu film tersukses sepanjang masa. Film Harry Potter merupakan film dengan keuntungan kotor terbesar di dunia yaitu sebesar $3,5 miliar untuk kategori film yang diadaptasi dari buku. Mengalahkan trilogi film The Lord of the Rings yang hanya mendapatkan keuntungan sebesar $2,9 miliar.

COMMENTS