Tekno

Wow, Dengan Hypersonic Mach 7: Perjalanan London – Sidney Hanya Dua Jam!

Hypersonic International Flight Research Experimentation (HIFiRE) proyek senilai $54 juta pesawat dengan 10 roket peluncur yang dirancang untuk mencapai lebih dari kecepatan Hypersonic Mach 5 , kecepatan minimum untuk mecapai hypersonic. Dengan menggunakan teknologi scramjet, roket ini berhasil melalui tahap uji coba, dengan kecepatan penuh berhasil mencapai 7,5 kali kecepatan suara dan mencapai ketinggian 173 mil.

Uji coba ini dilakukan di Woomera Test Range Australia dan menurut para ilmuwan yang terlibat, uji coba ini sudah melebihi dari hasi yang diharapkan. Jika semua berjalan sesuai rencana, para peneliti berharap untuk mencapai waktu tempuh 10 detik penerbangan scramjet horisontal pada tahun 2018.

Seperti yang dikutip dari Brisbane Times, “Setelah kita bisa menyelesaikan program ini, maka teknologi ini akan sepenuhnya siap untuk digunakan,” Professor Michael Smart, seorang ahli hipersonik dari University of Queensland.

“Dengan teknologi ini sebuah pesawat atau kendaraan mampu melakukan perjalanan dari Sydney ke London dalam dua jam, kemudian hal yang akan terjadi adalah lebih dari sebuah kegiatan komersial.”

Ia berspekulasi bahwa setiap kegiatan komersial hipersonik akan dikaitkan dengan wisata dan karena itu bisa menjadi sesuatu yang sangat mahal bagi kebanyakan orang, tapi pengembangan dari teknologi ini bisa dilakukan dari waktu ke waktu.

Pada kecepatan Mach 7,5 kita bisa meninggalkan London dan berada di Sydney hanya dalam dua jam. Sebuah perjalanan transatlantik ke New York City bisa mengambil sekitar 35 menit.

Angkatan Udara Amerika Serikat, Boeing dan IBM juga terlibat dalam proyek ini.

COMMENTS