Kesehatan

Mau Tetap Sehat dan Kuat Puasa? Intip Tips Ini

Atur Waktu Yang Pas Saat Sahur


Sahur berguna untuk membantu puasa sepanjang hari. Menurut sunnah Rasul, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan.

Jangan Makan Berlebihan


Daripada membabi buta melahap semua makanan yang ada, lebih baik fokus dengan makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu jangan lupakan buah dan sayuran. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air selama sahur baik untuk menghindari dehidrasi tubuh sepanjang hari.

Minum Susu Sebagai Pelengkap


Minum segelas susu sebagai penutup santap sahur akan membantu menjaga kondisi tubbuh sepanjang hari. Selain susu, boleh juga mengkonsumsi suplemen ataupun multivitamin

Jangan Terlalu Manis


Saat santap sahur, sebaiknya hindari mengkonsumsi gula atau makanan lainnya secara berlebihan. Karena makanan atau minuman yang banyak mengandung gula bisa mengakibatkan tubuh lemas di siang hari.

Minum Air Yang Cukup


Sebelum waktu Imsyak tiba, minumlah air yang cukup. Kira-kira tiga hingga lima gelas. Air putih adalah air yang baik untuk dikonsumsi saat santap sahur atau waktu berbuka puasa. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Karena bisa membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

Istirahatkan Tubuh Anda


Gantilah waktu tidur yang kurang karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Waktu yang tepat untuk istirahat adalah setelah sholat Dzuhur.

Sempatkan Olahraga


Puasa bukan berarti tidak olahraga lho. Sempatkanlah untuk berolahraga ringan. Bisa jalan-jalan sore, bersepeda santai, atau yoga. Kegiatan ini baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Kurma Masih Yang Paling Oke


Berbuka puasa dengan kurma masih menjadi pilihan yang terbaik. Selain kurma, minuman yang manis juga dianjurkan. Seperti susu, jus atau es buah. Jika tidak ada minuman manis, minumlah cukup air putih. Karena untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Tenang, Jangan Lapar Mata


Berbukalah secukupnya. Jangan langsung membabi buta melahap semua menu. Lanjutkan berbuka dengan menu besar setelah sholah Maghrib atau sholat Tarawih. Sebisa mungkin hindari gorengan yang berlebihan.

Minum Air Yang Cukup


Menjelang tidur malam, minumlah air yang cukup. Setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur.

COMMENTS