Kesehatan

Tidak Ingin Gemuk? Hindari 4 Kesalahan Dalam Memasak Ini

Membuat masakan sendiri di rumah memang bisa dikatakan lebih sehat ketimbang membeli makanan di luar. Namun, dari hasil beberapa penelitian membuktikan kalau semakin sering wanita memasak di rumah, maka makin besar pula resikonya mengalami kegemukan karena kesalahan dalam memasak.

Kenapa demikian?

Entahlah, karena hasil penelitian itu tidak menjelaskan menu masakan apa yang dimasak. Namun, semakin kerap mereka membuat kue-kue, di mana kandungan gula dan lemaknya cukup tinggi.

Memasak apapun di rumah tentu memiliki kelebihan tersendiri, di antaranya kita lebih leluasa memastikan bahan-bahan olahan yang masih segar, tanpa zat tambahan, dan tentunya lebih hemat daripada membeli makanan di restoran.

Supaya hobi memasak kalian tidak membuat berat badan meningkat, hindari empat kesalahan dalam memasak di bawah ini:

Makan manis seusai makan


Seperti ada yang kurang saja seusai makan kalau tidak makan yang manis-manis. Meminum jus buah atau memakan sepotong kue mungkin akan dianggap tak bermasalah dan tak akan membuat berat badan bertambah. Namun jika telah terbiasa, kebiasaan itu susah sekali menghilangkannya.

Terlalu Banyak Karbohidrat


Karena bermasalah dengan kesehatan, tak sedikit orang beralih mengkonsumsi nasi merah atau roti gandum. Hal tersebut sebenarnya baik, tetapi jika mengasupnya dalam porsi besar maka efeknya akan sama halnya dengan program penurunan berat badan. Untuk itu, mulailah perhatikan kalori yang diasup dengan aktivitas fisik Anda. Mulailah juga dengan mengurangi jumlah karbohidrat, gantilah dengan mengkonsumsi sayuran yang lebih banyak.

Mencicip Bahan Makanan


Tak sedikit orang cuma menghitung asupan berupa piring makan dalam sehari. Nyatanya, ketika memasak sering kali kita tanpa sadar mencicip ini itu untuk mengetahui takaran kelezatannya. Untuk satu atau dua kali mungkin tidak masalah, namun jika dilakukan setiap hari disaat memasak bila ditotalkan tentunya banyak bukan?

Kebanyakan Minyak


Meskipun tak semua masakan harus digoreng, tetapi kebanyakan orang Indonesia menyukai masakan yang digoreng. Variasikan saja masakan yang Anda buat. Anda bisa menggantinya dengan mengkukus, memanggang atau merebusnya. Kandungan energi akibat makanan yang digoreng sangat besar, itulah kenapa makanan yang digoreng dapat menggemukan Anda.

COMMENTS